Pengikut

31 Mac 2010

GOOD FRIDAY DAN PASKAH

Jumaat ini, 2 April sekali lagi umat Kristian menyambut Good Friday, disusuli dengan Hari Easter pada 4 April. Sesungguhnya bulan April, khususnya Minggu Paskah merupakan satu ruang masa yang 'kudus' dalam kalendar Kristian kerana berkaitan dengan peristiwa kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Tiga perkara utama iaitu kelahiran (yang sinonim dengan Krismas), kematian dan kebangkitan merupakan peristiwa yang terkandungan dalam pengakuan iman rasuli masyarakat Kristian. Saya kongsikan sedikit latar belakang tentang Good Friday dan Paskah.

Jumat Agung adalah Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatNya di Golgota.Berdasarkan rincian kitab suci mengenai Pengadilan Sanhedrin atas Yesus, dan analisis ilmiah, peristiwa penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi pada hari Jumat, namun tanggal terjadinya tidak diketahui dengan pasti, dan akhir-akhir ini diperkirakan terjadi pada tahun 33 Masehi, oleh dua kelompok ilmuwan, dan sebelumnya diperkirakan terjadi pada tahun 34 Masehi oleh Isaac Newton via perhitungan selisih-selisih antara kalender Yahudi dan kalender Julian dan besarnya bulan sabit.

Paskah (bahasa Yunani: Πάσχα atau Paskha[1]) adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai "anak domba Paskah"; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan[a], dan pada hari yang ketiga[b] bangkit dari antara orang mati. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus.Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut masa Paskah, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari sejak Minggu Paskah (puncak dari Pekan Suci) hingga hari Kenaikan Yesus namun sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya "hari kelima puluh" - hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus). Minggu pertama di dalam masa Paskah dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

P/S : Terima kasih kepada kerajaan yang memberikan cuti Good Friday. Sayangnya,sejak sekian lama cuti ini hanya dinikmati oleh masyarakat Kristian di Sabah & Sarawak.Semoga sesuai dengan gagasan 1Malaysia, kerajaan dapat mengkaji semula keperluan cuti ini diperluaskan di Semenanjung.


3 ulasan:

putrajuns berkata...

Saya hanya mamapu berkata,"alangkah baiknya jika pada hari "good faiday" seluruh negara juga cuti" Alasan saya : Selaras konsep 1 Malaysia,rakyat di negeri lain juga dapat menikmati rehat ( Sifat cuti ini sendiri berupa cuti kebangsaan )walaupun khusus kepada Umat Kristian Sahaja. Paling penting, rakyat Malaysia seluruh negara yang beragama Kristian dapat bersama - sama melayani Tuhan pada masa yang serentak.

Makna Kehidupan berkata...

tarikhnya bukan 2 April & 4 April tapi 22 April & 24 April..harap maklum

MAKLIN MASIAU berkata...

tq dgn mkluman tpi post ni utk 2010 dan skrg tahun 2011.tarikh brbeza. harap maklum.